Corporate Social Responsibility

PT KDL Menyantuni Dhuafa dengan ATM Beras

Wednesday 10:11 / Jul 04, 2018

Warga Dhuafa di Kelurahan Samangraya kini tak perlu kesulitan untuk mendapatkan beras sebagai bahan utama pangan sehari-harinya. Berkat bantuan Anjungan Terima Mandiri Beras (ATM-B) dari PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL), warga kurang mampu dapat dengan mudahnya mendapatkan beras gratis tanpa harus menunggu penyaluran dari lembaga donasi.

Inovasi ATM-B ini merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KDL terkait pilar kesejahteraan sosial masyarakat dan menjadi salah satu pendukung kesuksesan program pemerintah dalam menyantuni fakir miskin atau dhuafa.

ATM-B telah banyak dioperasikan di beberapa masjid dan tempat tertentu di wilayah Jawa Barat namun menjadi yang pertama teraplikasikan untuk membantu warga kurang mampu di Kota Cilegon khususnya. Peluncuran program ini dilaksanakan bertepatan dengan acara puncak Hari Ulang Tahun PT KDL ke-22 di Ballroom Royale Krakatau Hotel Cilegon dan diberikan langsung secara simbolis oleh Direktur Utama PT KDL, Alugoro Mulyowahyudi kepada Lurah Samangraya, Ahmad Dimyati. Nantinya, ATM-B ini akan ditempatkan di Kantor Kelurahan Samangraya sehingga lebih mudah diakses oleh warga kurang mampu yang tinggal di lingkungan sekitar kantor tersebut.

Untuk operasional ATM-B hasil gagasan alumni Institut Teknologi Bandung angkatan 1980 ini, direncanakan akan dapat mengakomodasi kebutuhan beras 40 warga kurang mampu di Samangraya selama sebulan sebanyak 12 liter per orang. Agar mempermudah mekanisme pengambilan, tiap minggunya masing-masing warga mendapatkan kuota sebanyak tiga liter dan akan terpenuhi sepenuhnya pada minggu keempat. 40 warga tersebut dibagi menjadi empat kelompok yang dibedakan berdasarkan hari pengambilan beras. Jadi, pada hari senin, selasa, rabu dan kamis akan ada masing-masing 10 dhuafa berbeda yang dapat mengambil beras sepanjang jam buka kantor kelurahan.

Secara fisik ATM-B tak berbeda jauh ukurannya dengan ATM Tunai pada umumnya. Dalam satu mesin ATM-B terdapat Dispenser untuk meletakkan beras dan mesin untuk mengendalikan Dispenser dan mengelola nomor kartu sebagai syarat mendapatkan beras. Secara teknis, tidak ada perbedaan signifikan antara proses penggunaan ATM-B dengan mesin ATM tunai biasa. Warga akan diberikan kartu RFID yang sudah diatur sesuai nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing dan hanya dapat digunakan oleh pemegang kartu tersebut saat pengambilan beras.

Proses pengambilan beras pun tergolong mudah. Warga hanya perlu menempelkan kartu RFID ke tempat pembaca kartu (card reader) yang terletak di bagian depan mesin ATM-B. Sistem akan secara otomatis memeriksa apakah kartu terdaftar atau tidak.

Apabila mesin menyetujuinya, maka secara otomatis Dispenser akan mengeluarkan beras sebanyak jumlah yang terdaftar untuk satu kali pengambilan. Selama proses tersebut berjalan, mesin akan mengirimkan laporan transaksi ke server. Proses santunan pun selesai dalam waktu singkat.

Menurut Alugoro Mulyowahyudi, ATM-B menjadi bentuk kepedulian dari PT KDL dalam membangkitkan rasa kepedulian kepada warga kurang mampu yang masih kesulitan mendapatkan Sembilan Bahan Pokok. “Data Badan Pusat Statistik pada Maret 2016 menunjukkan ada 28,01 juta jiwa masyarakat miskin dan hampir 7,79 persen hidup di perkotaan. PT KDL mendonasikan ATM-B ini untuk memperpendek rantai distribusi serta mengajak semua mitra bisnis berpartisipasi di dalam program ATM Beras untuk kaum Dhuafa di lingkungan Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil,” tegasnya.

Ahmad Dimyati mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan dari PT KDL karena telah memberikan inovasi yang sangat membantu warga miskin di Kelurahan Samangaraya. “Berkat program bantuan dari PT KDL, warga Samangraya yang kurang mampu kini tidak perlu lagi repot untuk mendapatkan beras dan dapat mengalokasikan pendapatannya ke hal yang lebih produktif,” ucapnya.

Sosialisasi atas tata cara penggunaan kartu dan mesin ATM-B dilaksanakan pada 22 Maret dan dihadiri oleh seluruh aparatur kelurahan dan warga penerima kartu. (hag)  

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search