Global News

Mini Market Untuk Kebutuhan Karyawan PT KDL

Thursday 00:00 / Dec 17, 2015

Selama lebih dari 12 tahun berdiri, Koperasi Daya Listrik (PT KOSEMA Banten) memiliki impian untuk membangun sebuah Mini Market di dalam pabrik. Hal ini demi mengakomodasi keinginan para karyawan yang hendak berbelanja kebutuhan sehari-hari kala berada dalam wilayah pabrik. Seperti diketahui, untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari, seorang karyawan harus menempuh jarak kurang lebih tiga kilometer jauhnya dari area plant pembangkit. Hal ini dikarenakan Mini Market terdekat berada di luar Kawasan Industri Krakatau (KIK). Mempertimbangkan jarak yang cukup menguras energi dan waktu ini, maka keberadaan Mini Market di dalam PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) menjadi penting.

Berkat kerja keras bersama, impian ini akhirnya terwujud. Pada 23 oktober lalu Mini Market bernama Dayli Mart (Daya Listrik Mart) secara resmi berdiri. Mini Market pertama yang pernah terbangun di PT KDL ini berlokasi di sebelah utara plant KDL atau berada di depan ruang kantor PT KOSEMA dan berseberangan langsung dengan Kantin PT KDL.

Pembangunan Mini Market ini merupakan hasil kerjasama langsung dengan jaringan waralaba ritel OMI yang berpengalaman dalam bidang distribusi kebutuhan sehari-hari. Sebagai informasi, waralaba ini pada pertengahan 2013 lalu telah memiliki hingga 400 toko di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Manager PT KOSEMA, Mas Suyitno menyatakan, Dayli Mart merupakan bentuk manifestasi dari impian anggota yang menginginkan sebuah Mini Market dalam wilayah usaha Koperasi. “Di tengah kesulitan yang mendera, kami bersyukur dan berterima kasih kepada Direktur Utama yang selalu mendorong dan memfasilitasi sehingga akhirnya impian memiliki Mini Market ini dapat terlaksana sebelum 2015 tuntas,” paparnya. Ditambahkannya, Koperasi berjanji akan meningkatkan pelayanan kepada anggota. “Kedepan kami akan meningkatkan infrastruktur sistem administrasi menjadi computerized,” ujar mantan Manager Internal Audit ini.

Ketua Pengawas Koperasi PT KDL, Noro Hartoyo juga turut mengucapkan selamat atas berdirinya Dayli Mart. “Sebelum melakukan pengembangan keluar, kami ingin koperasi fokus membesarkan organisasi di lingkungan internal terlebih dahulu,” tukasnya.

Direktur Utama PT KDL yang juga Pembina Koperasi Daya Listrik, Alugoro Mulyowahyudi dalam sambutannya mengapresiasi hasil kerja keras PT KOSEMA hingga dapat mewujudkan Dayli Mart di lingkungan pabrik. “Saya mengharapkan agar para pengurus memperhatikan 4P dalam menjalankan bisnis Mini Market ini,” tegasnya. Keempat huruf P yang dimaksud oleh Alugoro adalah Product (menjaga kualitas dan variasi produk serta menyediakan barang-barang fast moving), Price (menjaga harga kompetitif), Promotion(aktif melakukan promosi) dan Place (utamanya pada distribusi barang agar tidak sampai kehabisan). Kesemua P tersebut adalah bagian dari terminologi Marketing Mix.

Namun, karena usaha Mini Market juga memiliki unsur pelayanan, maka empat P tersebut harus ditambahkan dengan tiga P berikutnya, yaitu People (Keramahan dan Kompetensi Karyawan), Process (Proses pelayanan harus cepat dan akurat) serta Physical Evidence (Bentuk bangunan dan tata letak barang yang rapi dan bersih).

Oleh karena itu, Alugoro mengingatkan agar seluruh elemen dalam 
Marketing Mix tersebut dipenuhi demi kesinambungan usaha Mini Market. Akhir kata, mantan Ketua Umum Koperasi PT Krakatau Steel periode 2003-2006 dan 2006-2009 ini juga merencanakan akan membangun sebuah Coffee shop di area lobby PT KDL untuk mengakomodasi kebutuhan tamu dan karyawan. (hag)

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search