Global News

Direksi dan Serikat Karyawan KDL Budayakan Bike2Work

Thursday 00:00 / Apr 21, 2016

Tak ada lagi yang meragukan manfaat bersepeda bagi kesehatan. Tradisi ini kini digalakkan kembali untuk seluruh karyawan PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL).

Terpaan udara dingin pagi yang mengombang-ambingkan dedaunan, terlihat tak menggoyahkan rombongan yang sedang melintas mengarah ke Kawasan Industri Krakatau ini. Rombongan tersebut bergerak dalam satu kesatuan, namun tak jarang pula saling mendahului. Mereka konvoi dengan cucuran keringat karena gowesan cepat. Bukan terlambat, tapi senang karena mampu bersepeda dengan rekan sejawat. Rombongan itu tak lain adalah konvoi Bike2Work PT KDL.

Kegiatan menggowes sepeda yang melibatkan Board of Director (BOD), Serikat Karyawan Bersatu, Karyawan Organik dan Outsourcing PT KDL ini, kini telah menjadi agenda rutin yang terorganisasi seminggu sekali tiap jumat pagi. Bike2Work sendiri merupakan satu upaya manajemen PT KDL untuk mendukung gerakan bersepeda ke lokasi kerja dan menggalakkan kembali aktivitas menjaga kesehatan tubuh sembari meningkatkan ikatan kebersamaan antar karyawan.

Walaupun dilaksanakan seminggu sekali, namun khalayak umum telah mengetahui berbagai manfaat yang dapat diraih dengan bersepeda ke kantor. Beberapa manfaatnya bagi fisik antara lain cepat membakar kalori, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, mencegah penyakit jantung, mengurangi stress, mencegah kanker, mengontrol suplai oksigen dan meningkatkan kekuatan otak. Selain kesehatan, bersepeda juga memberi keuntungan tambahan berupa kebiasaan menjaga lingkungan, menghindari kemacetan, ekonomis dan tentunya menambah teman.

Menurut Erwin Pramono, Koordinator Bike2Work PT KDL, agar terorganisasi dengan baik, tiap minggu ditetapkan letak titik berkumpul dan rute gowes rombongan, untuk kemudian dipublikasi secara langsung di grup WhatsApp Bike2Work PT KDL. “Untuk titik kumpul dan rute tiap minggunya berubah-ubah,” paparnya.

Selanjutnya, para penggowes diharapkan dapat berkumpul tepat pada pukul 06.30 pagi untuk bersama-sama mulai menggowes kearah Kawasan Industri Krakatau dan langsung menuju pabrik PT KDL. “Dalam empat kesempatan yang sudah terlaksana, kadang start gowes kami mulai dari Krakatau Junction, kadang dari Masjid Agung Cilegon,” tukasnya menjelaskan rute yang sudah ditempuh selama sebulan terakhir.

Para peserta dapat berangkat dari rumah masing-masing langsung menggunakan sepeda, atau dapat juga menitipkan kendaraan bermotornya di titik bertemu untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke kantor dengan menggowes sepeda. Setibanya di kantor, Manajemen telah menyediakan sarapan pagi khusus bagi penggiat gowes sebelum membersihkan diri dan melanjutkan bekerja.

Alugoro Mulyowahyudi, Direktur Utama PT KDL menyatakan, dirinya sangat mendukung kegiatan Bike2Work ini karena memiliki banyak efek positif yang dapat diraih oleh karyawan maupun perusahaan. “Kegiatan ini selain membuat karyawan bugar dan sehat, juga mendukung budaya Harmoni perusahaan karena menghilangkan sekat antara atasan dan bawahan,” tegasnya. Ditambahkan Alugoro, bila kesehatan terjaga, komunikasi yang dibangun lancar dan diikuti dengan ruang kerja nyaman, maka konsekuensi logisnya adalah produktivitas karyawan turut meningkat.

Ermawanto, Ketua Serikat Karyawan Bersatu PT KDL, turut menyampaikan dukungannya. “Olahraga merupakan kebutuhan untuk menjaga kesehatan. Nah, kadang untuk kebutuhan ini seseorang harus sedikit dipaksa agar menjadi ketagihan,” paparnya. Baginya, Bike2Work adalah aktivitas fisik yang dapat bertransformasi menjadi hobi. “Orang kalau sudah hobi akan tidak peduli berapa besar biaya yang dikeluarkan dan waktu yang dihabiskan,” ujarnya meyakini dampak positif bagi kesehatan bila bersepeda sudah menjadi hobi.

Untuk turut mendukung program Bike2Work, Koperasi Karyawan KDL (PT Kosema) kini menyediakan pengadaan sepeda dengan cara pembayaran angsuran maupun lunas. Hal ini mempermudah karyawan yang ingin hidup sehat tanpa terbebani biaya berat. 

 

Kedepan, dengan kembali hadirnya tradisi Bike2Work, jumlah peserta rombongan diharapkan dapat terus bertambah sehingga semakin banyak karyawan yang menuju hidup sehat dan sejahtera.(hag)

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search