Corporate News

PT KDL Adakan Workshop Membangun Komunikasi, Komitmen dan Kepercayaan

Wednesday 11:24 / Mar 07, 2018

Dalam sebuah perusahaan berstandar nasional, komunikasi, komitmen dan kepercayaan merupakan hal esensial dalam membangun dan memelihara hubungan antara sesama karyawan maupun dengan pelanggan. Tanpa adanya tiga hal tersebut, maka akan muncul masalah yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen seperti, produktivitas menurun, kepuasan pada perusahaan rendah, rasa hormat sirna serta kepercayaan diri individu akan turut melemah.

Perusahaan tentu tak menginginkan kasus seperti diatas terjadi. Oleh karena itu, PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) sebagai salah satu perusahaan penyedia energi berskala nasional mencoba belajar membangun kembali ketiga hal paling esensial dalam menjalankan bisnis tersebut. Pada 14 Desember lalu, perusahaan yang berada di ujung barat kawasan industri Krakatau ini mengundang Irwan Rei, Managing Director Multi Talent Indonesia dan Kiola Indonesia yang juga pakar Business Leadership  bidang Sumber Daya Manusia, untuk berbagi kepada Jajaran Direksi, Manager dan Superintendent mengenai cara membangun komunikasi, komitmen dan kepercayaan.

Dalam seminar bertajuk Building Communication, Commitment and Trust ini, pertama Irwan banyak memaparkan mengenai bagaimana membangun koneksi dengan komunikasi yang efektif dalam bisnis. Setiap individu di dalam bisnis merupakan pemimpin bagi dirinya sendiri dan juga harus mampu memimpin orang lain. Untuk dapat memimpin dengan baik, maka dibutuhkan komunikasi yang efektif sehingga maksud dan tujuan dapat tersampaikan dengan benar.

“Setiap orang memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda sehingga membutuhkan pendekatan tak sama antara satu orang dengan lainnya. Untuk itu selain yang diucapkan, selalu perhatikan bahasa non-verbal dari orang tersebut,” ujar Irwan.

Ditambahkan Irwan, untuk dapat diterima pesan yang disampaikan, maka orang tersebut harus mampu berempati, mengulang kembali pesan itu, menggunakan waktu secara efektif dan condong mendeskripsikan maksud dari pesan. “Jangan lupa juga untuk selalu merencanakan dan memikirkan tentang apa yang hendak dikomunikasikan sebelum menulis atau berbicara,” papar praktisi yang juga pengajar di program Magister Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Komitmen dan Kepercayaan

Selain komunikasi, Irwan juga banyak membahas mengenai cara membangun komitmen dan kepercayaan dalam perusahaan. Bagi Irwan, keterikatan karyawan paling besar justru berasal dari sisi emosionalnya yang terlihat dari kepuasan karyawan saat bekerja. “Ada lima dimensi penting yang ditemukan di sebuah perusahaan paling nyaman untuk bekerja yaitu Kredibilitas, Respek, Keadilan, Kebanggaan, Kepercayaan dan Kesetiakawanan antar sesama pekerja,” tukasnya. Untuk itu, Emotional Intelligence (EI) inilah yang seharusnya dapat diaplikasikan kepada karyawan sehingga muncul komitmen dan kepercayaan sepenuhnya terhadap perusahaan.

Dalam sambutannya, Alugoro Mulyowahyudi, Direktur Utama PT KDL menyampaikan, perusahaan mengundang pakar Business Leadership bertujuan untuk berbagi bagaimana membangun komunikasi yang benar di bisnis yang makin kompetitif, komitmen yang tinggi pada perusahaan dan membangun kepercayaan agar dapat dipercaya pelanggan. “Selain komunikasi, komitmen dan kepercayaan pada perusahaan dapat menuntun karyawan pada peningkatan eksekusi pekerjaannya sehingga produktivitas meningkat,” lugas Alugoro. Oleh karena itu, soft skills tersebut menjadi penting untuk segera ditingkatkan. 

Di akhir acara, Direksi memberikan secara langsung kenang-kenangan kepada Irwan sebagai cinderamata sebelum kembali ke Jakarta. (hag)

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search