Corporate News

PT KDL Kerjasama Dengan PT Cabot, PT KP & KPE

Wednesday 12:33 / Mar 07, 2018

Awal 2018 menjadi bulan yang padat bagi PT Krakatau Daya LIstrik (PT KDL). Bagaimana tidak, tiga perjanjian kerjasama berhasil diselesaikan dalam jangka waktu yang cukup rapat. Ada tiga kontrak perjanjian yang berkaitan langsung dengan bisnis inti perusahaan yaitu, perjanjian dengan PT Krakatau Posco Energy (PT KPE) terkait jasa konsultan teknis untuk pembangunan pembangkit 1x150 MW dan perjanjian excess power dengan dua perusahaan besar di Kawasan Industri Krakatau, yaitu PT Krakatau Posco (PT KP) dan PT Cabot Indonesia.

Seperti diketahui, meningkatkan kapasitas suplai listrik di kawasan industri Krakatau merupakan bagian dari proyeksi pertumbuhan perusahaan. Upaya tersebut dapat tercapai dengan pembangunan pembangkit baru berkapasitas mumpuni dalam pemenuhan permintaan pelanggan. Pembangkit listrik 1x150 MW berbahan bakar batu bara ini menjadi salah satu instrumen dalam menggapai tujuan tersebut.

Penunjukan PT KPE sebagai konsultan teknik dilatarbelakangi oleh pengalaman dan kemampuan PT KPE dalam bidang pembangkit listrik. Dari pengetahuan yang tinggi akan sektor kelistrikan diharapkan PT KPE dapat memberikan saran dan masukan terkait desain pembangkit serta teknis pengoperasian. Detailnya, PT KPE akan memberikan saran kepada PT KDL terkait konsep Engineering, masukan atas klarifikasi teknis, saran dalam evaluasi aspek teknis, mendukung dalam rapat klarifikasi, saran dalam persiapan perjanjian, saran dalam persiapan manajemen proyek, saran dalam mengendalikan proyek organisasi, komunikasi proyek, pemantauan proyek, membahas informasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan instalasi/konstruksi pada seluruh aspek operasi dan perawatan serta memberikan saran teknis untuk provisi dan risiko.

Kontrak kesepakatan ini telah ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT KDL, Alugoro Mulyowahyudi dan Presiden DIrektur PT KPE, Shin Eunju pada akhir Desember lalu dan berlangsung selama enam bulan hingga masa engineering berakhir.

Kerjasama Excess Power

Selain menandatangani kerjasama jasa konsultan teknik, PT KDL juga menguatkan pasokan kelistrikannya untuk kawasan industri Krakatau dengan kontrak jual beli kelebihan listrik yang tersedia (excess power) dari PT KP dan PT Cabot Indonesia.

Sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) di kawasan industri Krakatau, PT KDL berhak untuk memproduksi tenaga listrik sendiri maupun menerima pasokan tenaga listrik dari pihak lain. Pasokan tenaga listrik ini dapat berasal dari interkoneksi dengan PT PLN ataupun dari perusahaan di kawasan industri Krakatau yang memiliki kelebihan listrik dari pembangkit internalnya. Nantinya, dari hasil pasokan excess power, PT KDL dapat memanfaatkannya untuk keperluan sendiri ataupun komersial.

Untuk kerjasama excess power dengan PT KP, PT KDL menerima pasokan sebesar 3,5 MW sedangkan dari PT Cabot Indonesia sebesar 1 MW. Kedua perjanjian mulai berlaku pada awal Januari 2018. Perjanjian dengan PT KP ditandatangani langsung pula oleh Direktur Utama kedua belah pihak yaitu Direktur Utama PT KDL, Alugoro Mulyowahyudi dengan Direktur Utama PT KP, Min Kyung Zoon dan Direktur Pemasaran PT Cabot Indonesia, Benjamin Arief Muskita.

Menurut Alugoro, kerjasama pembelian excess power ini menguntungkan kedua belah pihak. “bagi PT KDL pembelian kelebihan listrik ini menambahkan kemampuan suplai listrik PT KDL di kawasan industri, sedangkan bagi PT KP dan PT Cabot, jumlah kelebihan listrik yang mereka produksi dapat terserap dan dimanfaatkan,” jelasnya.  

Sedangkan dalam waktu bersamaan, Alugoro juga turut menyampaikan keuntungan memakai jasa konsultan teknik perusahaan yang masih menjadi afiliasi dari PT KDL ini. “PT KPE telah dikenal sebagai perusahaan listrik berpengalaman dalam hal operasi dan perawatan pembangkit. Transfer pengetahuan dan saran teknis dari perusahaan yang lama berkecimpung di bidang pembangkitan menjadi penting karena memperluas peluang pembangunan pembangkit yang handal serta memperkecil risiko kesalahan teknis,” ungkapnya.  

Ketiga perjanjian tersebut kini telah ditandatangani dan sudah memasuki proses implementasi.(hag)

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search