Corporate News

PT KDL Membangun “FUN OFFICE”

Wednesday 12:39 / Mar 07, 2018

Apa esensi dasar dari menciptakan ruang yang menyenangkan? Dari sebuah kajian arsitektur, ruang dimaknai sebagai sebuah bangunan tak terpisahkan dari kehidupan manusia, baik secara psikologi, emosional maupun dimensional. Manusia berada dalam ruang, bergerak, menghayati, berpikir dan juga menciptakan dan menyatakan bentuk dunianya. Ruang menjadi bagian integral dalam setiap sendi pergerakan dan nafas keduniawian.

Sama seperti ruang kantor yang telah menjadi satu bagian dalam kehidupan karyawan PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL). Selain sebagai tempat bekerja, kantor juga menjadi ruang berinteraksi, menuangkan ide, meningkatkan produktivitas dan banyak kegiatan lainnya. Oleh karena itu ruang kantor sudah seharusnya menyenangkan dan selalu membawa inspirasi di setiap sudutnya.  

Sebagai bagian dari menciptakan ruang kantor yang fun (menyenangkan), manajemen berinovasi dengan menjadikan ruang umum seperti kantin, tangga, ruang bekerja, ruang pertemuan hingga toilet sebagai sebuah medium membangun tempat kerja berbasis nilai-nilai budaya perusahaan.

Menurut Alugoro Mulyowahyudi, Direktur Utama PT KDL, Fun Office adalah upaya manajemen untuk membangun tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan berbasis nilai-nilai budaya perusahaan. “Selain mengutamakan estetika, bangunan-bangunan yang ada dimodifikasi menjadi sebuah sarana belajar dan pengingat akan nilai-nilai inti perusahaan,” paparnya.

Ada beberapa ruangan yang telah disulap menjadi lebih ramah dan kekinian. Ambil contoh ruang kantin untuk makan siang karyawan. Selain tampilan façade berubah, interior kantin juga mengalami transformasi yang memanjakan mata. Selain disediakan fasilitas televisi dan sound system berkelas, pengunjung kantin juga dapat mengistirahatkan otak sejenak dengan memandangi akuarium dengan ragam jenis ikan hias di dalamnya.

Disamping itu, terdapat insentif bagi karyawan yang memilih untuk bersantap siang di kantin PT KDL sebesar Rp.5000,-. Hal ini nyatanya menjadikan kantin yang sebelum transformasi cenderung sepi, kini mulai dipadati pengunjung.   

Selain itu, pada tangga menuju lantai 2 bangunan utama, terdapat sticker seluruh nilai inti perusahaan beserta turunannya yang melekat rapi di sepanjang anak tangga. Tak lupa di lokasi yang umumnya selalu dianalogikan dengan tempat paling membosankan yaitu WC dan kamar mandi, kini dilengkapi dengan berbagai mini poster berisi kata-kata motivasi dan penuh semangat.

Untuk membangun imajinasi, di area lobby ruang rapat rotor terpampang wallpaper raksasa dengan latar belakang pantai di Bali dan daerah gugusan Wayag di Raja Ampat. Tentunya, bersanding dengan wallpaper tersebut adalah sosialisasi budaya perusahaan yang terlukis rapi secara lengkap.

Dan tanpa mengesampingkan peran lingkungan, kini di tiap sudut ruangan kantor maupun area pabrik, bahkan diatas meja karyawan, telah memiliki sebuah pot untuk tempat hidup tanaman.

“Kami memiliki harapan agar ruangan-ruangan di kantor ini memberi inspirasi dan memfasilitasi karyawan untuk menelurkan ide-ide baru yang menyokong pertumbuhan perusahaan. Semoga saja terobosan ini dapat memberikan nilai tambah bagi karyawan sebagai stakeholder” tambah Alugoro. Kedepannya proyek Fun Office ini akan terus dikembangkan hingga ke area yang belum terimprovisasi. (hag) 

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search