Corporate News

Pembentukan Tim Pengembangan dan Internalisasi Budaya Perusahaan

Wednesday 12:42 / Mar 07, 2018

Sejak Januari 2018, PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) telah menyempurnakan Visi, Misi dan Tata Nilai yang dimilikinya. Pembaruan ini merupakan bentuk adaptasi perusahaan terhadap tantangan bisnis global yang kian cepat berubah dan tak terprediksi.

Adapun perubahan yang terjadi mencakup pada pemaknaan dari Visi, Misi serta penyempurnaan dari isi tata nilai perusahaan. Bila dahulu visi yang terpatri adalah Penyedia Energi dan Usaha Terkait yang Handal dan Bersaing di Indonesia, kini visi itu berubah Menjadi Perusahaan Energi dan Usaha Terkait yang Terkemuka di Indonesia. Hal ini berkaitan erat dengan tujuan perusahaan untuk lebih meluaskan pangsa pasar yang ada dan berorientasi pada peningkatan pelayanan serta pengenalan produk ke berbagai perusahaan di Indonesia.

Selain itu, Misi perusahaan yang awalnya berbunyi Kami adalah insan yang Profesional, Harmoni dan Integritas mempunyai komitmen untuk menyediakan produk energi dan usaha terkait dengan kualitas tinggi dan kompetitif untuk peningkatan kesejahteraan Stakeholder, mengalami perubahan menjadi Menyediakan energi dan usaha terkait yang andal, kompetitif dan berkualitas tinggi, bertumpu pada modal insani untuk peningkatan nilai bagi Stakeholder. Perubahan Misi terbaru menekankan modal insani sebagai kunci dasar dalam mengembangkan perusahaan. Jamak diketahui, kesuksesan perusahaan sepenuhnya berawal dari Sumber Daya Manusia yang mumpuni serta berkualitas.  Misi ini akan menjadi penopang utama bagi tercapainya visi yang telah ditetapkan.

Perubahan paling signifikan terjadi di Nilai Inti Perusahaan. Bila dahulu PT KDL berpedoman pada nilai perilaku Profesional, Harmoni dan Integritas, maka kini nilai tersebut dijabarkan dan dilengkapi dengan singkatan yang lebih mudah dihapalkan yaitu ENERGI. Kata ENERGI merupakan singkatan dari Execution (Eksekusi), Newness (Kebaruan), Efficient (Efisien), Reliable (Andal), Grateful (Bersyukur) dan Integrity (Berintegritas). Singkatan ini akan memudahkan karyawan memaknai nilai inti yang sejalan dengan proses bisnis perusahaan.

Ada dua fase tim yang bekerja dalam merestrukturisasi Visi, Misi dan Tata Nilai ini. Tim pertama merupakan tim yang dibentuk untuk merumuskan Visi, Misi dan Tata Nilai terbaru yang relevan untuk menggantikan Visi, Misi dan Tata Nilai sebelumnya. Tim ini terdiri dari Yoyo Lukiman (Ketua), Henry Agrahadi, Yona Sembada, Ahmad Fikri dan Sekar Yulin.

Tim kedua adalah tim yang mendukung percepatan pemahaman mengenai perubahan tersebut, sehingga karyawan mudah mengetahui, melaksanakan dan tercipta rasa memiliki terhadap budaya tersebut. Tim ini beranggotakan Monica Rahayu Siska (Ketua), seluruh anggota tim perumus Visi Misi dan Tata Nilai diatas, Quinzela Herany, Verrawati Koenang, Dian Anggraeni, Ipan Maulana, Sabilul Muttaqin, Kiki Restandana dan Nuniek Lusi.

Beberapa aktivitas dan upaya untuk mengembangkan budaya perusahaan oleh tim antara lain mencakup menjabarkan dan menurunkan visi, misi serta tata nilai perusahaan yang baru ke dalam tataran implementasi juga terukur. Disamping itu, tim juga akan melakukan penyusunan buku saku pedoman implementasi budaya perusahaan dan melakukan sosialisasi secara rutin melalui berbagai media yang telah disediakan.

Menurut Direktur Utama PT KDL, Alugoro Mulyowahyudi, perubahan visi, misi dan nilai perusahaan dimaksudkan untuk menyiapkan karyawan serta perusahaan dalam menghadapi tantangan yang diakibatkan disrupsi inovasi global. “Dalam era yang serba cepat dan mudah berubah ini, karyawan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan keadaan. Oleh karena itu beberapa nilai inti diciptakan selaras dengan kebutuhan tersebut sehingga memudahkan seluruh karyawan mengimplementasikannya dalam pekerjaan sehari-hari,” ujarnya.

Tim ini telah mulai bekerja sejak awal januari dan rencana akan menyelesaikan seluruh sosialisasinya pada bulan agustus 2018. (hag) 

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search