Global News

FHKSG Benchmarking Strategi Public Relations ke PT Biofarma

Wednesday 15:35 / Feb 15, 2017

9 Februari lalu Forum Humas dan CSR Krakatau Steel Group (FHKSG) melakukan benchmarking pengelolaan kehumasan ke Biofarma. Seperti diketahui, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bermarkas di jantung kota Bandung ini terkenal memiliki reputasi pengelolaan kehumasan yang mentereng. Tak hanya lingkup lokal, pengakuan prestasi Humas PT Biofarma juga telah mencapai ranah nasional.

Pukul 11 rombongan FHKSG tiba di kantor Biofarma dan langsung diajak menuju Ruang Media di Gedung Serba Guna (GSG). Di ruang ini, rombongan diterima langsung oleh Corporate Secretary PT Biofarma, M. Rahman Rustan; Kepala Bagian Humas PT Biofarma, Neneng Nurlaela Arif dan tim Humas PT Biofarma.

Dalam sambutannya, M. Rahman Rustan menyampaikan apresiasinya atas upaya PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. dan anak perusahaan untuk melakukan studi banding ke PT Biofarma. "Saat ini PT Biofarma harus memenuhi target sebagai sebuah perusahaan internasional. Kami sudah melakukan reposisi perusahaan, dari sebuah pemroduksi vaksin menjadi perusahaan lifescience," ujarnya. Oleh karena itu, positioning dan strategi komunikasi perusahaan terus dibenahi.

Hal ini didukung pula oleh Neneng Nurlaela dalam presentasinya. Perempuan yang akrab disapa Lala ini memaparkan mengenai strategi kehumasan di Biofarma secara detil. "Kami saat ini telah melaksanakan Hybrid Public Relations (PR), yaitu strategi dalam mengintegrasikan PR 1.0 dengan PR 2.0," tukasnya.

Strategi ini menekankan pada pendekatan media konvensional dengan media modern semacam social media dan web. Efektivitas strategi ini dapat langsung diamati dari laman web, akun media sosial, pemberitaan media nasional dan lokal serta televisi internal milik PT Biofarma. Selain itu Lala juga menjelaskan metode-metode lain mengenai strategi komunikasi perusahaan yang belum sempat dijalankan di lingkungan KSG.

Eko Dumadi, Manager Corporate Communication PT KS menyatakan, PT Biofarma telah memiliki reputasi bagus di kalangan humas BUMN karena menjalankan sebuah strategi komunikasi yang efektif. Banyak hal menjadi pelajaran bagi kami untuk memperbaiki strategi komunikasi perusahaan agar lebih efektif kedepannya. Semoga kunjungan ini dapat menambah wawasan dari FHKSG agar minimal dapat menyamai prestasi yang didapat PT Biofarma.

Di akhir kunjungan, rombongan FHKSG diajak berkeliling ke Museum milik Biofarma dan bertukar souvenir sebagai tanda mata dari masing-masing perusahaan. (hag)

Customer Info

Customer Support

Customer Feedback

Billing Info

PT KRAKATAU DAYA LISTRIK

Press enter to search